Home > Motor > Pilih mana: TVS Apache RTR 160 atau Bajaj Pulsar 180?

Pilih mana: TVS Apache RTR 160 atau Bajaj Pulsar 180?

Jalan2 ke Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2008, dapet oleh2 “barang” baru: TVS Apache RTR 160. Sebenarnya waktu gue jalan ke PRJ, yang gue cari cuman satu: pengen lihat motor2 yang dipamerkan disana.

Kalo seandainya ga “ketemu” ama yang satu ini, tentunya gue ngga jadi bingung seperti sekarang. Rencananya sih pengen beli motor laki. Bosen dengan model2 laen yang udah “merajai” pasar, seperti Honda Tiger, Yamaha Scorpio & V-ixion, Suzuki Thunder, Kawasaki Ninja.. makanya gue pengen merasakan (baca: membeli) motor alternatif baru.

Pertama, gue kesengsem ama Bajaj Pulsar. Udah dari seri pertama yang waktu itu langsung “booming” .. Pulsar 180 cc. Bahkan sekarang lebih kesengsem lagi ama Pulsar 200 yang lebih gagah, dan tambah bingung lagi dengan XCD 125 yang ngirit (klaim 1:70).

Nah, sekarang kebingungan gue bertambah dengan “datangnya” TVS Apache RTR 160. Keduanya sama2 pabrikan India, dan di negara asalnya juga sama2 masuk kategori hot-product.

Apache, sepintas dilihat dari samping, lekukan body mirip Honda Tiger/MegaPro. Tudung lampu dari depan mirip Bajaj, tapi menurut gue lebih proporsional yang Bajaj punya. Logo, sekalipun itu faktor “kecil”, kesannya biasa banget. Kenapa ngga dibikin dengan font yang agak kerenan dikit. Ini, cuman tulisan “TVS” dengan font standar. Trus ada logo gambar kuda, yang lagi2 standar banget (jangan bandingin ama logo kuda jingkrak-nya Ferrari deh). Pokoknya penilaian gue kalo dari segi penampilan masih lebih keren Pulsar kelas manapun.

Kalo bicara kemampuan, wah.. sorry to say, gue ngga tahu banyak soal mesin. Padahal ini yang paling penting kan? Tapi kalo dilihat dari kapasitas mesinnya: Apache 160 cc dan Pulsar 180 cc, lebih menang pulsar-lah (ya iyalah, secara cc lebih gede gitu looh :) ). Konsumsi bensin Apache, diklaim oleh sales-nya sekitar 1:55, demikian juga Pulsar 180 di kisaran yang hampir sama.

Apache RTR 160 memperkenalkan teknologi Racing Throttle Response yang diklaim oleh TVS mampu memberikan akselerasi yang tinggi (0 – 60 km/jam dalam 4,8 detik.. woww). Jadi apakah motor Apache ini cocok buat yang doyan “tarik2an”? Di sisi lain, Pulsar memperkenalkan teknologi DTS-i (Digital Twin Spark), yang diklaim oleh Bajaj mampu menghasilkan pembakaran bahan bakar yang sempurna: ujungnya performa lumayan dan bensin irit. Jadi apakah Pulsar cocok untuk diajak “ngirit”, tapi tenaga lumayan?

Bicara layanan 3S (sales, service dan spare-part) masih lebih banyak Bajaj. Tapi kalo ini sebenarnya masalah waktu saja. Karena dengan meningkatnya animo masyarakat terhadap TVS, bisa jadi layanan TVS pun juga bakal meningkat. Kalau mau melihat jaringan TVS bisa dilihat di sini dan jaringan Bajaj bisa dilihat di sini.

Satu lagi, bicara harga: Apache dilepas dengan harga 16.2 juta OTR, sementara P180 17 jutaan (fyi, P180 awal2 dijual dgn harga 16,9 — jadi ga nutup kemungkinan Apache RTR 160 dengan spek yang sama, tapi beda tahun bisa lebih mahal).

Kesimpulannya: beda2 tipis lah, antara Apache RTR 160 ama Pulsar 180. Jadi, pilih yang mana nih?

*Waktu gue browsing, dapetin link yang berisi review dari pengguna tentang kedua motor ini. Intinya sih gini: kalo kamu suka kebut2an dan kondisi jalan yang dilalui mulus, ntuh Apache RTR 160 cocok buat elu. Tapi kalo kondisi jalan yg dilalui banyak yg rusak, bolong2, naik-turun (kayak kondisi jalan kebanyakan di Indonesia :) ) plus jarak tempuh yang jauh, maka Pulsar 180 yang lebih cocok.

About these ads
  1. jengjengjeng
    July 25, 2008 at 10:07 am | #1

    wah threadnya sepi pengunjung bos,gw isi deh…

    klo pulsar 180 sih gw punya.selain irit tarikannya jangan diremehin bos,klo megapro aja lewat deh,ama tiger bersainglah.
    tapi klo apache blon nyoba
    emang 0-60 dlm 4,8 detik tuh udah hebat ya?emang tiger,megapro,ama pulsar berapa(bukan ngeremehin,nanya beneran nich.)

  2. jengjengjeng
    July 25, 2008 at 10:11 am | #2

    oia,kemaren pas ke sidoarjo gw sempet test ride bajaj XCD dts-si.menurut gw mesin halus,tarikan biasa,perseneling bikin bingung,model keren,tapi yg jelas posisi riding nyaman buangett

    sayang rem depan masih teromol,mending thunder deh…

  3. July 25, 2008 at 10:40 am | #3

    @Jengjengjeng:
    0-60 kpj dalam 4,8 detik itu kalo bener sudah tinggi, bro :) Saya coba sadur data dari otomotif plus (diambil dari: http://www.honda-tiger.or.id/forum/)

    Ini data lengkapnya disadur dari OTOMOTIF Edisi 50 no:XVI 16 April 2007

    0-60kmh
    Yamaha V-Ixion: 4.86 sec
    Bajaj Pulsar : 5.56 sec
    Honda CBR 150R: 4.36 sec
    Honda Tiger Revo: 5.56 sec

    0-80kmh
    Yamaha V-Ixion: 9.37 sec
    Bajaj Pulsar : 11.14 sec
    Honda CBR 150R: 8.43 sec
    Honda Tiger Revo: 11.43 sec

    Top Speed
    Yamaha V-Ixion: 120kmh
    Bajaj Pulsar : 130 kmh
    Honda CBR 150R: 140 kmh
    Honda Tiger Revo: 120 kmh

    Masih dari forum yang sama, disitu ada dijelaskan bahwa motor spt tiger, body besar (berat) dan di desain untuk touring. Sehingga butuh torsi (tenaga) yang besar agar tidak kempos saat menghadapi kondisi jalan yang beragam misalnya tanjakan. Saya rasa, Pulsar juga sama karakternya spt Tiger/MegaPro.

    Nah, kalo apache, saya rasa karakternya agak mirip V-ixion, dengan body kecil tentunya tarikan akan lebih maknyoss. Tapi belum tentu menang di top speed, contohnya ya data di atas itu (V-ixion 120, Pulsar 130).

    Nah, kalo bro jeng3x rasakan mungkin membandingkannya dalam kondisi sama2 sudah berlari di kecepatan tertentu, sehingga yang lebih berpengaruh adalah top speed-nya.

    XCD-125 itu, kata orang motor laki dengan roh bebek. Salah satu ciri ‘bebek’-nya adalah perseneling, perpindahannya tidak spt motor laki yang pake dicongkel untuk mundurin, tapi diinjek terus ke depan (N-1-2-3-4). Setuju, rem tromol emang bikin orang ‘minder’, secara motor2 sekarang kalo ngga cakram punya, ngga afdol rasanya :)

    Btw, saya blom pernah naek motor laki manapun lhoo.. :) Tapi kalo disuruh milih, tetep milih Bajaj Pulsar. Masalahnya pilih yang 180 atau 200 yah?

  4. July 26, 2008 at 6:27 pm | #4

    PRJ 2008 lalu saya juga test ride TVS, Bodinya memang lebih ramping dari Pulsar, tinggi jok juga lebih rendah, walau masih bikin saya jinjit. Tarikan? setara lah dengan V-ixion hanya handling agak berat, terutama saat mau zigzag dikecepatan rendah, kata CustomerCare nya karena udah keseringan buat testride dan belum diseting lagi.
    Tinggal tunggu jajaran S3-nya aja.Soalnya kalau bengkelnya kejauhan bikin males..BTW sebenarna standard service motor di India (TVS ataupun Bajaj, Honda Hero) itu nggak kayak disini yang bongkar karbu, disana cuma ganti oli. Karbu tdk dibongkar, tapi cuma pakai cleaning carb yg disemprot. Kecuali service besar di 30 – 50.000 km. atau setelah 6 bulan pakai.

  5. August 1, 2008 at 4:57 pm | #5

    Poko e’. Top Abis dah,
    Yang belum punya buruan beli, n ntar gabung di -Apache Rider Club-

  6. sontanu_73
    August 4, 2008 at 8:31 am | #6

    waduh boz2 salam kenal ni kira2 ada yang tau gak kalau daerah pasar minggu dealer and service nya bajaj ada dimana ya, soalnya lg nyari reverensi ni bingung bajaj,megapro atw viixon

  7. bajaj mania
    August 6, 2008 at 1:25 pm | #7

    kemarin gw sempet coba apache 160 cuma iseng sih ngerasain merek india yang lain selain bajaj.
    opini gw model lumayan, mesin juga halus..
    ya kurang lebih sama lah sama pulsar 180 gw cuma bwt gw dah 9 bulan pake pulsar gw makin ok
    dan semua masalah bisa diatasi oleh teknisi.

  8. wawana
    August 8, 2008 at 1:39 pm | #8

    tuku mobil wae cak, kesel sepeda motoran nang jakarta :-)

  9. D v D
    August 8, 2008 at 2:50 pm | #9

    Pokoke Pulsar lah…
    seperti kata pepatah :
    Bajaj Pulsar
    Yang lain makin ketinggalan :D

  10. badai apache
    August 8, 2008 at 9:55 pm | #10

    Bujugdah… buruan pake apache… scoupi gw aje dilego…
    Buat performance di jkt mah g jauhlah… wong macet cak…:>

  11. August 9, 2008 at 10:16 am | #11

    To all:
    Kalo di negara asalnya, India — kedua motor ini emang jadi ‘top’ produk. Jadi pilih Apache atau Bajaj, ngga masalah. Tinggal nyesuaikan ama riding style nya aja: apache buat tarik2an, bajaj buat jarak jauh.

  12. aziz xyz
    August 19, 2008 at 1:46 pm | #12

    ternyata tvs boleh juga tuh nyaingin vixion tapi tetep kalah ma cbr tapi tvs bensin nya boros gag yah

  13. OmBaK
    August 20, 2008 at 9:03 pm | #13

    pingin ikutan ngetik2 .. tapi aku ga punya TVS atau PULSAR heheheh hanya ALFA 1995 .. orginal, lom pernah ganti piston, lompernah Nabrak juga .. pernah TEST SPEED dari Concat – KLATEN plus minus 120 kmh .. suer, meh nabrak INOPA sing berhenti mendadak, btw .. ALFA ku mo di Lempit hiks hiks wat beli Beras + minyak Tanah

  14. OmBaK
    August 20, 2008 at 9:05 pm | #14

    … hiks hiks .. pingin PULSAR * ngimpi dulu aje * pingin TVS .. nanti aje .. pingin wat beli beras dulu ekekekek

  15. Zupri
    August 25, 2008 at 2:20 pm | #15

    salam kenal semua, saya punya cerita lucu, teman saya sales Pulsar tapi malah kredit Thunder125, gmn tuh, ktnya DPnya ga bisa kurang sih, jd terpaksa jadi penghianat deh…!
    sales Baja Pulsar pakai produk Suzuki thunder125 ???????

  16. heri
    August 29, 2008 at 11:26 am | #16

    pilih yang 180 aja bos, yang 200 gak ada engkolnya agak serem, walaupun akinya gede. tapi yah…trauma dengan thunder 125 dulu yang pertama gak ada engkolnya.

  17. aWi
    September 2, 2008 at 11:58 am | #17

    Kalau yang ingin tau review, testimoni, atau pendapat mengenai TVS Apache RTR 160, kunjungi saja blog saya. Saya pengguna Kuda India sejak akhir Mei 2008.

  18. September 8, 2008 at 10:27 am | #18

    duh jangna bandingin ma CBR lah harganya aja 2 x bajaj. kalo milih gua sih mending di beliin bajaj 2 biji. lagian CBR sprot nya terlalu melankolis. tvs ntar dulu deh, vixion klamaan indent nya

  19. Dokter nyeleneh
    September 27, 2008 at 7:20 pm | #19

    Bro,mdgn pulsar aja,kalo pulsar mesin mengadopsi kawasaki, bajaj india kan beli 20% saham Kawasaki buat R&D mesin& rangka,kalo TVS Gak tau ambil mesin mana, tp wkt g test P180,P200,TVS, TVS lbh halus, Pulsar khas spt Kawasaki, powerfull,agak kasar,tp yg g acungin jempol Low Rpm Power nya Pulsar,hasil akhir? G prefer Pulsar 180,tp kalo yg demen touring P200 jauh diatas yg lain.

  20. October 26, 2008 at 11:32 pm | #20

    Wah, TVS itu membeli sebagian saham SuZuki Motor India. Secara maen mesin Sport, Suzuki lebih Unggul dari Kawasaki. Dan perlu diketahui juga nih, SparePart Bajaj itu salah satu supplierna ya TVS, TVS India tidak cuma bergerak di pembuatan Motor, tapi juga hampir keseluruhan komponennya, misal nih : Bautnya, Ban, Motorik, Engine dll.

    Jujur aja nih, saya udah saya pake Motor Apache RTR 160cc, secara tarikan berani diadu ma Yamaha V-Ixion, Megapro udah lewat. Saya juga udah coba test drive Bajaj Pulsa 180cc bahkan buat Drag Race uji coba Top Speed ma temen saya, respon Apache RTR 160 lebih cepat melesat. Top Speed Apache RTR 160 scara standar 115Km/H tapi itu hanya rata2, kenyataan dilapangan malah lebih dari itu, mencapai 130Km/H, dan Bajaj Pulsar yang katanya 130Km/H itu secara aslina ga ada sampe segitu, nyatanya waktu drag race menang Apache RTR 160 saya, sama2 setting standar semua.

    Dan yang perlu diketahui, kualitas mesin motor India ditinjau dari logamnya, lebih kuat dari motor Jepang. Bajaj Pulsar 180cc dan Apache RTR 160cc mempunyai kualitas logam yang hampir sama, namun hasil uji coba mengatakan kualitas logam TVS Apache lebih baik.

    Ada bengkel khusus di Semarang tempat mesin bubut dan belah, pernah mendapat order untuk membelah beberapa mesin motor untuk dijadikan bahan pameran. Diantara mesin tersebut adalah :

    - MegaPro / Tiger Revo
    - V-Ixion
    - Pulsar 180
    - Apache RTR 160
    - Minerva 150R (kyk CBR 150cc)

    dari kelima motor tersebut, sang bengkel mengaku kesulitan saat membelah mesin Apache RTR 160cc, karena logamnya lebih keras. Urutan kualitas logam terbaik dari motor2 tersebut adalah :
    1. TVS Apache RTR 160cc
    2. Yamaha V-Ixion
    3. Bajaj Pulsar 180cc
    4. Honda MegaPro / Tiger Revo (sama logamnya)
    6. Minerva 150R

    dan klo tidak salah saya baca di kaskus ada pula yang mengatakan menemukan hal serupa saat Pameran PRJ Jakarta.

    Dari hal tersebut saya mengemukakan kesimpulan bahwa Produk TVS India tidak bisa diremehkan dan saya ungkapkan ini bukan karena saya pengguna motor India ( TVS Apache RTR 160 dan Bajaj Pulsar 180) dan bukan pula bermaksud menjatuhkan motor lain, tapi memang seperti itulah kenyataannya.

  21. October 28, 2008 at 3:37 pm | #21

    @Wedhus_LIar:
    Thanks for your testimonial.

  22. John Rambo
    October 31, 2008 at 4:44 pm | #22

    Pilih Scorpio aje! Ngapain buang duit be

  23. ridwan
    November 11, 2008 at 10:48 pm | #23

    di medan, ini Apache kenanya 17.2 jt cash OTR
    ..

  24. kyko_pushing
    November 13, 2008 at 6:40 am | #24

    Kalo menurut Saya TvS Telat Datang dan Telat Promo Aja Di Indonesia….

    Karena TvS lebih Mempokuskan Pabrik Yang didirikan dikarawang dari pada mengiklankan diri di tipi…

    Tapi sekali Iklan pake Iwan Fals hihihihi

    Coba Posisi Dibalik TvS yg lebih Tenar Duluan Mungkin Asumsi Kita semua berbeda…

    Hmm ini menurut saya yg mencoba analisis pasar ( Gaya Gw Dah Kaya Dosen Aja )

    Peace ALL….

  25. Roy
    November 19, 2008 at 9:21 am | #25

    Bro,tlg diulas dong test ride Apache selama kurun waktu pemakaian tertentu,misal 5000km,ada keluhan apa saja, kelebihan&kelemahannya apa saja.Jadi bs untuk bahan pemikiran. Apache 180 udah keluar ya bro,konon 18hp,EFI, tp kynya bakal mahal deh.

  26. Kamtam
    November 21, 2008 at 12:07 am | #26

    Bener, gw akuin dah tuh kualitas TVs, walaupun gw pengguna bajajpulsar 200. Tadinya juga mo ngambil apache,cuma Masya Allah sealernya dikit banget ya waktu itu,ya gw ambil pulsar 200,rada nyasel juga sih, bukannya karena jelek, tapi ga enak klo dipake harian,kecuali buat turing emang asli enak banget tuh pulsar 200. Tapi klo dalem kota kayaknya enakan apache deh, secara akselnya lebih galak, ga kaya pulsar yang enak diputaran atas.

  27. Kamtam
    November 21, 2008 at 12:12 am | #27

    Sekarang bajaj memang lebih unggul dari TVS dalam penjualan,Tapi dalam jangka panjang gw rasa tvs bakal lebih unggul dari bajaj, secara mereka bikin pabrik di Indonesia, Lebih banyak komponen lokal harga jadi bisa ditekan n terjaminnya ketersediaan spareparts, asal quality controlnya terjaga aja ( jangan sampe deh kaya H_ _ _ A sekarang yang payah ). Tinggal memperbanyak layanan 3Snya ajah..

  28. spartan
    December 25, 2008 at 11:29 pm | #28

    bagaimanapun juga honda tiger lebih unggul dr semua motor2 yang dibahas diatas!! soal performa,top speed,kualitas dll, jauh lebih unggul!! kalo soal konsumsi BBM,emang diakuin agak sedikit boros.ya buat kalangan tertentu itu semua ga masalah!!!

    emanghonda tiger diperuntukan buat mereka yg mengerti motor..!!!!

  29. poer
    January 4, 2009 at 11:48 pm | #29

    yang jelas, partnya tvs banyak ya adopsi produk jerman contoh :
    busi, bohlam lampu, speedometernya digital komplit.
    Elektrik starternya pulsa pake punya tvs.
    BBM uirit 1:70, tarikan v-ixion lewat dech. Top speed juga ga terlalu kecewain 120 kph. Jalan di indonesia lari diatas 110 kph ngapain lagi, wuih takut masuk lubang jebakan binamarga. Wek kek kek kek kek …..

  30. January 5, 2009 at 6:13 pm | #30

    emang lagi pengen seh punya tvs apache,cuma dealernya dimana ya ? bisa kredit gak ya ….

  31. toto
    January 12, 2009 at 12:42 pm | #31

    nih, kekurangan paling nyata dari tvs!
    PROSES STNK LAMAAAAA BANGET!
    kecuali kalo mau yang kuning!
    udah dari tgl 20 des taun lalu, blum jadi juga.
    cuman bs reyen di jln kampung!

  32. Suparlan
    January 12, 2009 at 2:58 pm | #32

    sabar aja mas,,, saya juga gitu, nunggu sebulan kurang 4 hari + plat no 1 bulan lagi….. Tapi, yang penting motornya bos…. punya saya warna stalion black…. emang dasyat akselnya…

  33. Pengen ganti motor
    January 15, 2009 at 5:35 pm | #33

    @all: buat yg mau jual Pulsar,atau Apache,atau Scorpio, tlg hub 0816.1974.737 atau 0888.2554.329, sms juga boleh, tlg sms merk,thn produksi, warna, kilometer,kota, harga. Trims ya… NB: kalo bisa pengennya jgn warna merah bro.

  34. February 25, 2009 at 10:51 am | #34

    Asli, modelnya keren abis… Saingan lah sama Bajaj.
    Tapi mesinnya gimana, Kuat gak? irit gak?
    Larinya kenceng gak? Maksimal berapa kpj?

    Sory menyory, belum sempat baca semua comment, ni bulan sibukkk bauanget…

    Dapat info juga dari sms temen (thank’s mas Helmy)

    Thank’s All.

  35. Wage
    March 13, 2009 at 6:25 pm | #35

    Boleh juga nih yg bosen pake Apache..
    Hub 08128194375.
    Warna, th, km perlu dong..
    Lagi bingung mau Vixion-bajaj, Apache.
    tapi abis baca commnet diatas Apache pilihan pertama.
    Ditambah lg emanng udah lama kepincut, sayang Depok blm ada dealernya.

  36. Sontoloyo
    March 23, 2009 at 1:48 pm | #36

    Huaaa lagi nabung buat beli motor nech. Berharap si TVS bikin versi cc besar dong… secara 160cc msh kurang garank! pengenya 250 cc gitu heheh

  37. vixi user
    April 5, 2009 at 6:58 pm | #37

    kata siapa top speed vixion 120, dah pernah coba lom , nih link test top speed http://www.youtube.com/watch?v=MXfO0ATE8AA&feature=related, sama nih lagi link di youtube http://www.youtube.com/watch?v=dlk_8m5HSHc&feature=related, kalo standar aja bisa 140 kok

  38. just_speak
    April 10, 2009 at 3:03 pm | #38

    Gw dah pake pulsar180cc dah dari 2 tahun yang lalu, sampe skrng motor masih enak bangt dipake, beda sama megapro yg umurnya sama, rata2x si megapro suaranya dah berisik klo lagi jalan. Emang siy pulsar gw klo lagi kondisi diam dan mesin nyala itu suaranya lebih berisik dibanding megapro, tapi klo pas lagi jalan wuuuzzz suaranya adem bngt.

    Cuma masalahnya klo dipake kerja sehari2x emang gak enak, cape dan berat pake pulsar. tapi klo untuk jalan jauhhh pulsar emang rajanya, enak bngt. Dan dijalan juga gw dah sering liat tvs dijalan, dan emang gak jauh beda dgn pulsar, suaranya halus juga, soal speed emang pulsar masih kalah dalam akselerasinya, tpi untuk nguber tvs di putaran atas, tvs kalah dgn pulsar. jadi Tipikal kedia motor itu beda, klo tvs lebih menang ditarikan awal, sedang pulsar lebih menang di tarikan atas, tenaga gak ada abisnya. Jadi produk india memang kualitasnya bagus, gak kalah dibanding produk jepang.

  39. mas adi
    April 13, 2009 at 12:01 am | #39

    pengan pulsar atawa tvs
    Tapi cuma bs mimpi dulu
    yah nikmatin aja honda gl max 97 di rumah

  40. adi lombok
    April 28, 2009 at 1:25 am | #40

    waduh kita cuma bisa beli n beli
    kapan bangsa ini membuat kendaraan sendiri
    ternyata kita orang payah semua
    bisanya mengkonsumsi doang

  41. GONZILLA
    June 1, 2009 at 10:57 pm | #41

    pengen kredit apache 160 tp OTR nya ud naik jd 17.500.000
    dengan hrg segitu kt tmn gw mending kredit pulsar / vixion aje…….
    turunin dong mas.takur….hrgnya coz DP gw cm 2jt nih….

  42. K4z4
    June 5, 2009 at 3:17 pm | #42

    Ya mendingan Apache lah…17,5 juta kan OTR nya, diskonnya gede mas…Apache itu bukan barang murahan, sama pulsar 180 aja cuma beda 500 rb, padahal cc nya P180 lebih gede lumayan jauh. Kalo sama Vixi, gw coba tanya Apache FI, ternyata harganya bisa sampe 20 jt. Jadi kalo yang sama2 Injeksi, bisa lebih mahal Apache.
    Emang gw akuin, saat ini cuma satu yang jadi kelemahan Apache (TVS), dealer dan Bengkel Resmi nya masih sedikit.

  43. June 12, 2009 at 9:23 am | #43

    Apache F1 kayanya baru turun tahun ini yaa……kayanya gw juga kepincut sam F1 nya. Ada yang tau tdak tempat kopdar TVS APACHE

  44. June 15, 2009 at 11:25 am | #44

    minta harga& spesipikasi full item motor bajaj

  45. dimas aryo sales marketing tvs surabaya
    June 17, 2009 at 8:39 pm | #45

    gilakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk.apche top bgt top speed gilakkkkkkkkkkkkkkkk honda megapro gada pa2nya..wokeyy tarinc apche……….tari mannggggggggggggggggggg.

  46. jambrong
    June 29, 2009 at 12:51 pm | #46

    Apache RTR 160 Airscoop facelift, Liat emang keren tapi tanya2 dipameran PRJ belum di pasarkan cuma di pejengin dooang kayanya belum berani karena yang model lama aja lakunya cuma dikit,MANUVERNYA KURANG TVS

  47. DES.ONETWO
    June 29, 2009 at 12:55 pm | #47

    Apache RTR 160 Airscoop facelift, Liat emang keren tapi tanya2 dipameran PRJ belum di pasarkan cuma di pejengin dooang kayanya belum berani karena yang model lama aja lakunya cuma dikit,MANUVERNYA KURANG TVS

  48. Lering
    July 6, 2009 at 8:35 pm | #48

    lam kenal bro..ikut ramaikan tvs nihhh..mampir di blog ane ya: http://www.pamortvs.wordpress.com

  49. manggung
    July 25, 2009 at 10:27 pm | #49

    Bravo TVS

  50. teguh
    August 1, 2009 at 9:33 pm | #50

    Sekali apache … tetap apache…
    Saya pernah nyoba trek ma motor2 sekelasnya seperti vixion, megapro, bajaj bahkan tiger sekalipun.
    Apache Vs Megapro… 1-0 buat apache… mega pro gk bisa lewatin apache …
    Apache Vs Vixion … Tarikan awal apache menang, tarikan atas bisa diimbangi oleh vixion.
    Apache Vs Bajaj 180 … Tarikan awal apache jauh unggul, posisi akhir unggul 1 ban dari pulsar 180.1-0 untuk apache
    Apache vs Tiger revo … Tarikan awal apache unggul, Untuk jarak yg lintasan lurus dan panjang tiger sedikit lebih unggul dari apache.

    Perlu diinformasikan, apache merah punya saya masih dalam kondisi standar. Top speed yg pernah saya capai adalah 126 KPJ.

    Saya sangat puas pake motor ini…
    Saran saya…. Pake Apache RTR 160. Insya Allah gak nyesel…

  51. teguh
    August 1, 2009 at 9:42 pm | #51

    Info lainnya, trek yg dipakai adalah jalan soekarno-hatta bandung. Start dari perempatan samsat… finish di komplek metro..
    Trek di jalan tersebut adalah lurus dan panjang…
    Waktunya sekitar jam 11 malam…
    Ada 6 motor yg sengaja saya ajak, dan kebetulan semuanya adalah teman n saudara sepupu saya.
    1. Apache RTR 160
    2. Bajaj Pulsar 180
    3. Yamaha Vixion
    4. Mega Pro
    5. Honda Tiger Revo
    6. Duplikat-nya CBR alias Minerva 150 (cuman sayang, motor ini gak ikut ngetes alias cuman jadi wasit aja)

    Posisi finish :
    1. Tiger Revo
    2. Apache RTR 160
    3. Yamaha Vixion
    4. Bajaj Pulsar 180
    5. Honda MegaPro

  52. adiet
    September 13, 2009 at 2:20 pm | #52

    apache,pulsar,tiger,minerva,vixion,megy balapana,,,eh ada s.orpio nyusul dari blakang,,ridernya bilang,misiiii2,misiii,,,,scorpio mo lewat,,,,

  53. edy suyono
    September 21, 2009 at 12:04 pm | #53

    aku pingin motor untuk santai-santai, enaknya pakai apa yaa…, bajaj p180/p200, tvs apache, minerva 200.
    bingung inyonge…..

  54. adic
    October 3, 2009 at 11:37 am | #54

    aku pengguna apache di batam,ambil taon 2008,kmrn lg santai mo jemput anak sekolah,eh..tiba2x,dr blkg aku di salip sm mega pro &vixion,yg lg kebut2 an,sang rider mengacungkan jmpol tgn kebawah,seoalah meledek,terpancing juga deh andrenalin ku,ku kejar mereka,sekalian mo test kecepan,kbtluan nih motor hmpr sm ccnya dgn motr ku,waktu itu lalu lintas lg padat jd agak susah untuk mendekat,ternyata arah mrka menuju airport hangnadim,jalan yg sepi dan mulus,aku lihat vix udh di dpn mega pr,lgsg deh aku kebut,pelan tp pasti mega pro aku lewati,hingga vixion jg ternyata lewat,gk sdr aku liat spedomtr digital 133 kpj,gila…,dgn cttan motorku msh standart..akhirnya mereka jauh kutinggalkan,gk tau mgkn agk di lambatin karna gk mgkn bs ngejar atw krna malu. bravo tvs

  55. chris
    November 25, 2009 at 2:39 pm | #55

    ada yang kenal mabak ank club motor pulsar dari klaten gk ya??? ankm\nya pake krudung cakep banget

  56. chris
    November 25, 2009 at 2:40 pm | #56

    klo ada yang tau tolong hub no 085 640 741 206

  57. December 10, 2009 at 10:11 am | #57

    apache memang mantap…..
    saya malah pernah coba di tanjakan,,,,
    lawan tiger revo….
    dengan kondisi yang sama…knalpot rasing
    TERNYATA APACHE LEBIH BERTENAGA DAN LEBIH UNGGUL……saya ga bohong,,,buktikan sendiri…….

  58. DrisPKL
    January 7, 2010 at 11:18 pm | #58

    ikut gabung..Bro, gw penunggang TVS Apache jg ni. Dah 1,8 bln pake kuda india wrna Grey.. thnk Gods ga da problem berarti tuh. Secara skrg TVS jg punya bngkel mitra/rekanan yg mkaniknya dah training jd ga problem deh. Lagian mslh part bisalah cari yg familiar ga hrs guine part asli gtu.. Intinya produk India ( TVS ato Bajaj ) ga kalah dg produk Jepang. Tinggal maen waktu aja.. salip tuh produk Jpang. Tq

  59. aray_ceria
    January 14, 2010 at 9:04 pm | #59

    gw lebih pilih megapro….coz ikutin postur tubuh gw…irit seh tergantung bawanya…dari Ragunan Pasar minggu- sampe pelabuhan ratu sukabumi itu….+-3 liter

  60. January 15, 2010 at 12:04 am | #60

    wah jadi pengen ni …apache tampilanya keren….

  61. Apacherider Lampung
    February 15, 2010 at 3:34 pm | #61

    Apache 160 RR Double Disk…. Akhirnya aku memilikimu… :))

    Baru td pagi duit gw cair n langsung gw datengin tu dealer TVS di depan Taman Makam Pahlawan Kedaton Bandar Lampung, n langsung gw bayarin dah tu TVS Apache RTR 160 DD warna Stalion Black.. Tapi sayangnya gw ga bisa bawa dlu, cos gw harus buru2 ke kantor.. hehehe… dah telat 1,5 jam… yg penting stelah skian lama mencari referensi2 dari media dan berita temen2, akhirnya aku memlikimu TVS Apache RTR 160 DD… hahahahaha….

  62. February 16, 2010 at 12:18 pm | #62

    @Apacherider Lampung: Selamat atas motor barunya Bro! Kalo bisa sekalian bikin testimoni-nya di sini. Thanks

  63. Kevincen
    March 12, 2010 at 7:55 pm | #63

    http://www.tmc.kalbar.biz
    lihat-lihat di sini dong

  64. broer
    March 13, 2010 at 1:35 pm | #64

    penasaran gw sm apache yg 180cc. Gw owner pulsar 200 aj udh salut sm top speednya 120 kmh (~140 kmh motor jepang). Mgkn msh bs imbang dg pulsar 200. Klo apache keluar yg > 200cc mgkn gw inden ah.. Top speed jelas lebih unggul dari p200

  65. batam
    April 12, 2010 at 11:35 pm | #65

    untuk kebut2 tan semua tergntung yng bawa lah joki menentukan semuanya…jadi semua itu blum pasti pembuktian bnar, klo orng gmuk pke vixion gmn? top sped tetep 120??? mungkn klo vixion jln sendiri tnpa orng top sped 150 x..bgtu juga yg lain..aku pke satria stndar beratku 85 tinggi 173 kek raksasakn, mw tau top sped ku brapa?? 120. mentoookkk dan lucu lagi supra ku dulu yg msih tromol rada ceper dikit, bonceng ber 2 bdnku dan yg belakng 70 kg ngebut dari ringroad concat top sped nya 120.. ajaib.. smua taer gntung kita bsa memaksimljn motor..

  66. April 29, 2010 at 9:37 am | #66

    @Apacherider Lampung

    Selamat ya yang udah dapet motor baru…
    Ati2 motor itu galak banget tarikannya…
    Ati ati jg, bnyk yang lirik (meski malu-malu)

  67. barasih
    October 7, 2010 at 9:20 am | #67

    spartan :
    bagaimanapun juga honda tiger lebih unggul dr semua motor2 yang dibahas diatas!! soal performa,top speed,kualitas dll, jauh lebih unggul!! kalo soal konsumsi BBM,emang diakuin agak sedikit boros.ya buat kalangan tertentu itu semua ga masalah!!!
    emanghonda tiger diperuntukan buat mereka yg mengerti motor..!!!!

    Yo’a bung, gue setuju itu….
    tapi gue cuma punya honda CB125 tahun 1976 nich, tapi biar cuma motor zadul bisa nandingin yang katanya tvs apace RTR160 kenceng dan satria f yg udah DOHC yg percepatannya udah 6 tapi udah gue asepin semua jadi motor asep he he he
    Padahal mereka udah abis nunduk katanya biar gak diterpa angin waktu ngebut dan gas udah mentok ga bisa diputer2 lagi…
    Biar bagaimanapun Honda lebih unggul….

  68. barasih
    October 7, 2010 at 9:25 am | #68

    dimas aryo sales marketing tvs surabaya :
    gilakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk.apche top bgt top speed gilakkkkkkkkkkkkkkkk honda megapro gada pa2nya..wokeyy tarinc apche……….tari mannggggggggggggggggggg.

    Ent**…….
    Apache ama Honda CB 125 Tahun 1976 aza kalah, pake ngata’in honda ga ada apa2nya…. Preeeeeeeeeeeeeeeeeeeettttttttttttttt……..

  69. October 15, 2010 at 10:11 am | #69

    Tyger dianggap unggul..????????????????

    Capek dech, teknonya aja jdul…
    Tiger 2008 sama Apacheku trak 23 km cuma kliatan di spion aja…

    Bangga…?

    Malu tau…???

    Malahan berat melawan Vixi daripada Tiger, Tiger gak ada apa-apanya…!!!

  70. October 15, 2010 at 10:22 am | #70

    Tiger aja dibaggain..???

    Bueyeeettt…!!!

    Huh, gemes banget rasanya kalo ada yang bilang Tiger bagus, bener-bener gak ngerti teknologi, terlalu polos n Brand Minded…
    Heran gue, spart partnya aja mahal…

    Gue udah berkali2 lawan Tiger, hebat? hebat dari hongkong…??

    Mending Pulsar 180 or Vixi…

  71. bajoe_oks
    October 21, 2010 at 5:41 am | #71

    klo ane sih milih apache dari pda p180 atau p200..
    karena akselerasi dan top speed apache diatas keduanya..
    ini di sudah ujicoba dengan temen ane yg netral (karena motornya pio)..
    sampel yg didapat yaitu rtr160 vs p200 dengan kondisi semua standart..
    pada awalnya kendaran di kendarai secara bersamaan untuk memastikan perbedaan spedo pada kedua motor..
    ternyata trjadi selisih sktr 2-3 kph antara apache dengan p200 yang dimana apache 40kph dan p200 37-38kph.. trus kita bulatkan menjadi 4 kph selisihnya..
    (saat itu spedo yg dipake bajaj hitam bukan yg putih seperti keluaran baru, karena yg putih sudah menyamai apapceh bhkan aa yg lebih cepat)
    tes dilakukan di ring road barat nogotirto yogyakarta..
    dengan joki yg sma yg emg suka ngetrek..
    dengan posisi duduk mendekat ke tangki atau dada menempel tangki (seperti motogp)didapatkan kecepatan apache adalah 137kph dan kecepatan p200 adalah 124kph,
    jika di samakan spedonya berati p200 kecepatannya ditambahkan 4 kph menjadi 128 kph..
    jadi apache 137 kph dan p200 128 kph..
    ini cuma tes sendiri lho..
    jadi yg tidak berkenan mohon maap..
    apache saya aj cuma lari 130kph itu juga karena bobot gw 97kg.
    hhe..
    just share no offense..
    jadi klo bisa vote ane pilih Apache dengan harga yg lebih murah tapi kualitasbisa menyamai bahkan bisa mendahului..
    ini ada anekdot aja yah..
    setiap ane naek apache n ktemu bajaj pengendara bajaj pasti ngeliatin n jga jrak klo jlan..
    apa karena takut bautnya diminta tvs yah..??
    hhe..
    IMHO..

  72. October 27, 2010 at 11:58 am | #72

    Apache ManTaBBBB…!!!

  73. edoy
    December 30, 2010 at 12:56 pm | #73

    bro, coba buka situs YLKI, banyak banget tuh pengaduan konsumen Tangki tigy sama megy yang pada bocor padahal baru beberapa bulan pakai. Brand tekenal ternyata ga jaminan pula kualitas bakal bagus. Kebanyakan ngambil untung sih..

  74. edoy
    December 30, 2010 at 1:01 pm | #74

    nyang beli tiger sama megy pasti pada nyesel. coz tangkinya pada bocor..hahah rasain,brand terkenal ternyata terkenal ambil untung banyak

  75. January 25, 2011 at 10:40 pm | #75

    Kalo gw mah punya Supra standar100cc th 2001.lumayan awetlah buat harian.satu tangan dari baru..pengen sih punya motor gede kayak Pulsar 200,but berarti gw kudu jual sibebek dulu dong..padahal ni bebek nilai historisnya tinggi juga loh bro.Gw beli cash saat gw baru menikah..jadi udah lumayan setia nemanin gw kemana-mana..jadi kalo musti jual buat ganti Pulsar or Tvs kok rada2 sedih nglepasin ni bebek.Tua2 gini juga namanya barang penuh kenangan bro..jujur siiy..kalo nengok motor2 gede gw juga ngiler..apalagi saat di prempatan/lampu merah..duhh biyuuung gagah banget tu penunggang motor gede yak..ntarlah gw coba2 cari dana buat nge-DP-in si motor gede..he..he..he

  76. yuki
    April 4, 2011 at 7:15 pm | #76

    tvs mantaplah.bisa juga dipake xari cewek kota.

  77. May 31, 2011 at 10:19 am | #77

    pada norak semua sok pada kenceng semua…..udeh bisa nglewatin ninja blom cuy, kalo belum jngan pd bangga, baru punya motor apa baru bisa naik motor????

  78. jonno
    June 18, 2011 at 6:51 pm | #78

    Ikutan nimbrung, saya pakai TVS Apache 2010 type RTR 160 DD, memang saya akui beda jauh dgn type GL series, dimana getaran mesih, tenaga, keiritan, Apache diatas GL pro. Hanya permasalahannya memang spare parts dan BERES nya belum banyak, ini yang masalah. TVS kayanya nggak care dengan dealer nya, di kota saya juga pernah ada TVS buka, trus nggak lama tutup,katanya sih TVS pusatnya kurang care ya dengan dealer2. Memang saya juga takut nantinya sperti nasib Binter Merzy jaman dulu, yang ditinggal tutup oleh dealernya. Cuman memang parts Apache banyak kesamaan dgn motor jepang, kampas rem kemaren saya ganti sama dgn Supra X, ya sementara yg saya ganti baru kampas rem depan, lain2 belum ada. Oya, kudu telaten juga pakai motor, beri oli pada kabel kopling, supaya tetap oke, juga rantai roda, beri oli gardan, kemudian diamkan 3-5 jam, lap koran kering supaya kelebihan oli nggak bikin kotor, cek oli mesin, cek air aki, periksa kondisi baut2, kelemahan Apache adalah ketidak seragaman baut dari segi tampilan dan kualitas,baut mesin kelihatannya baja yang oke, tapi baut rangka kelihatan kualitasnya jelek, baut master rem depan saya ganti dengan baja, karena tampilannya kurang meyakinkan. Overall kualitas cukup baik, konsumsi irit, tenaga bagus, stabil, pengereman mangtab, seimbang Pulsar lah, khas India… hehehe

  79. Tanto Apache
    July 4, 2011 at 11:33 pm | #79

    Pengin koment juga : saya juga pakai TVS apache RTR 160 Baru datang dari dealer 27 mei 2011,sampai hari ini km dah 2000km

    Tarikan mantap.BBM irit kayak motor bebek perbandingan 1 : 50km berat badan 95kg

    Kekuranganya cuman bengkel resminya jarang…..setahu saya di bandung cuman ada 2

    Bagi pemilik TVS Apache di Bandung bisa gabung di komunitas Pamor TVS Bandung CP 022 91557115 / 0817212244

  80. Tanto Apache
    July 4, 2011 at 11:36 pm | #80

    ikhoeninjers :
    pada norak semua sok pada kenceng semua…..udeh bisa nglewatin ninja blom cuy, kalo belum jngan pd bangga, baru punya motor apa baru bisa naik motor????

    Kalo di bandingin ama ninja ya ga level toh Bro…..aneh aneh aja
    Kalo mau samain yach dengan yg sekelas ….bener ngga bro ikhoninjers

    Kalo ama kawasaki mbandinginnya ama KLX150 baru pass bro walaupun cc beda 10

  81. Om Dendy
    August 14, 2011 at 11:40 am | #81

    bocah2 aku mau tanya… kira2 dengan berat badanku yg krempeng nih 56 kg kalo make Pulsar sebaiknya menurut anda2 sekalian Pulsar 135 LS atau Pulsar 180cc. Klo yg P-135 LS aku ngga seneng dgn bentuk Tank-nya kaya kepala Cobra… kalo P180 emang rada berat parkirnya tapi enak dipakai touring (walau lom pernah turing)… klo yg 135 enak ngga ya dipake turing? makaxi bnyak ya atas atensinya…. ( udah lama berpikir -+ 1bln mau pilih 135 ato 180 , emang rencananya tuh motor nanti dipake hanya sekali2 tur en daleman kota ).

  82. August 30, 2011 at 1:29 am | #82

    gw salut tuk tvs 160 RTR…karna spare partnya joint ama suzuki company…untuk kawasaki 250 cc adu sm thunder sy yg 250cc…dah empat ninja 250 yg gw berakkin..menang bajunya aja yg keren,kl mesinnya ngga jauh beda sm mesin parutan klapa tuh..goooo tvs apache..dear comunity thunder 250cc.

  83. Dthea
    September 20, 2011 at 4:55 pm | #83

    ahhh bego juga tu yg pake ninja, setuju ma Tanto Apache… ninja lu bandingin ama yamaha TZM atau NSR baru sebanding.. Pasti TZM lebih Unggul..

  84. rakyat
    November 26, 2011 at 8:35 pm | #84

    wahhh…….guee pilihan pulsar ajee gan

  85. adhi_apache
    December 6, 2011 at 11:25 am | #85

    Punya TVS Apache RTR 160 DD, beli karena nyari yang berkualitas dan money value. Ane udah test ride hampir semua motor sport cc 150-200, dari Vixion, Byson, MegaPro, New MegaPro, Pulsar 180 dan 135, Minerva 150. Akhirnya mutusin antara P180 dan RTR 160, karena ane udah bosan sama merk Jepang (catatan, ane gak nyari aftersales servis karena pengen punya motor untuk jangka waktu lama), dan gak yakin kalo merk Jpg yg ada di Indonesia itu sekualitas sama yg bikinan Jepang asli.

    Setelah browsing di internet dan rekomendasi dari majalah dan ahli motor, ane milih Apache 160 dengan berbagai pertimbangan. Setelah pemakaian selama 8 bulan, ane bersyukur memilih yang terbaik. Apache ane emang istimewa, walaupun masih standar (knalpot bobok dikit dan sedikit stel klep) motor ane gak mengecewakan.

    Dalam 4 bulan terakhir, Apache ane udah nempuh jarak lebih dari 5000 km (sekarang 12.400+ km), tapi performa bukannya menurun malah semakin oke. Bukannya merendahkan motor merk lain, tapi pilih motor yang sesuai sama performa dan keuangan ente. Semua merk motor pasti punya kelebihan dan kekurangan. Selama ente tau gimana ngatasin kekurangan motor yang mau ente pilih, motor manapun pasti istimewa.

  86. zay
    January 29, 2012 at 9:44 pm | #86

    Pulsar 180 DTSi UG4 Paling OKE..
    Coz w pake itu. hehe..

  87. February 12, 2012 at 1:46 pm | #87

    adhi_apache :
    Punya TVS Apache RTR 160 DD, beli karena nyari yang berkualitas dan money value. Ane udah test ride hampir semua motor sport cc 150-200, dari Vixion, Byson, MegaPro, New MegaPro, Pulsar 180 dan 135, Minerva 150. Akhirnya mutusin antara P180 dan RTR 160, karena ane udah bosan sama merk Jepang (catatan, ane gak nyari aftersales servis karena pengen punya motor untuk jangka waktu lama), dan gak yakin kalo merk Jpg yg ada di Indonesia itu sekualitas sama yg bikinan Jepang asli.
    Setelah browsing di internet dan rekomendasi dari majalah dan ahli motor, ane milih Apache 160 dengan berbagai pertimbangan. Setelah pemakaian selama 8 bulan, ane bersyukur memilih yang terbaik. Apache ane emang istimewa, walaupun masih standar (knalpot bobok dikit dan sedikit stel klep) motor ane gak mengecewakan.
    Dalam 4 bulan terakhir, Apache ane udah nempuh jarak lebih dari 5000 km (sekarang 12.400+ km), tapi performa bukannya menurun malah semakin oke. Bukannya merendahkan motor merk lain, tapi pilih motor yang sesuai sama performa dan keuangan ente. Semua merk motor pasti punya kelebihan dan kekurangan. Selama ente tau gimana ngatasin kekurangan motor yang mau ente pilih, motor manapun pasti istimewa.

  88. April 13, 2012 at 4:12 am | #88

    tarikan apache memang enakkkk dan respon banget , tapi kalau masalah sepetpatsnya kurang enak dan payah dicari padahal tvs kompany punya pabrik besar diindonesia tapi kok payah cari spertpatnya, tidak seperti motor madein japeng spertpatnya dimana2 ada tuh.

  89. June 15, 2012 at 9:39 pm | #89

    untuk daerah padang,kok TVS d tutup,, gmn mau membeli spertpark boss…tlng info sperpart terdekat d sumatra bosss..

  90. July 5, 2013 at 11:05 pm | #90

    Reblogged this on tuanhidayat.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: